TAPIN RUHUI RAHAYU

RUMAH PRODUKSI ABON CABE HIYUNG


Beberapa waktu yang lalu saya berkunjung ke Desa Hiyung, khususnya untuk melihat Rumah Produksi Abon Cabe Hiyung dan sekaligus memenuhi tugas kuliah 😊

Siapa sih yang tidak kenal cabe Hiyung ? 

Cabe Hiyung (Capsicum frutescens L.) adalah jenis cabe rawit terpedas di dunia yang hanya bisa tumbuh subur dan sempurna dengan citarasa pedas optimal mencapai 94.500 ppm atau setara dengan 17 kali lipat dari rasa pedas cabai rawit biasa di desa Hiyung, Kecamatan Tapin Tengah, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan. Namun ada yang aneh nih dengan cabe Hiyung. 
Why ? Nah jadi gini... jika cabe hiyung ini ditanam di luar Desa Hiyung rasanya jadi kurang pedas, bahkan cenderung tidak pedas! 

Jadi jika benar-benar ingin merasakan kepedasan dari cabe hiyung, kita harus merasakannya langsung ketempat asalnya yaitu desa Hiyung.

Sedihhh yaa ? 
Tapi jangan duluu hehe😁
Karena sekarang Cabe Hiyung sudah memiliki rumah produksi Abon Cabe Hiyung👏👏 
Melalui rumah produksi abon cabe hiyung yang dibangun tahun 2015 ini, kelompok tani membuat produk ulahan dari cabe hiyung, seperti Abon, sambal dan kecap dengan sensasi pedasnya cabe hiyung. 

Dan bahkan Abon, sambal dan kecap ini sudah banyak tersedia di  marketplace seperti shopee dan media sosial lainnya😊 jadi semua orang sudah bisa merasakan kepedasan cabe Hiyung tanpa datang langsung ke tempatnya.

Maa Syaa Allah, semoga dengan adanya produksi Abon Cabe Hiyung, cabe hiyung akan lebih dikenal dan dicoba oleh khalayak luas khususnya masyarakat Indonesia dan luasnya dunia~Aamiin

Dan semoga kedepannya ada lagi pabrik-pabrik olahan makanan yang dibangun di Tapin dan pastinya yang menyongkong perekonomian Kabupaten kita tercinta~Aamiin 🙏🙏

Dari : @beee.ahh
---------------------------------------------
IG : @tapin_insta
YT : RATASA CHANNEL
FP : Tapin News
Web : www.tapinruhuirahayu.com
Twit : @tapinvisit
---------------------------------------------
#kabupatentapin #visit_tapin #klikkalsel #instakalsel #habarbanua #wargabanua #rantau #tapin #banjarmasin

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form